Grafik Harian Emas 24k (IDR)

Diamond Price Index (IDEX)

Diamond Price Index (IDEX)

Kamis, 24 Desember 2009

Investasi Dunia & Akhirat

Jika kita mendengar kata "investasi" yang ada dalam benak kita adalah menyimpan harta baik itu uang, tanah,ataupun lainnya untuk mendapatkan imbal hasil yang bertambah di kemudian hari.

Pertanyaan sekarang yang sering muncul adalah : Investasi Apa yang saat yang saat ini bisa memberikan imbal hasil yang tinggi di kemudian hari ?. Ada beragam investasi yang bisa kita pakai saat ini :

1. Investasi Perbankan : Investasi ini flexible mudah diambil kapanpun, terutama jika bentuknya tabungan. dan aman karena dijamin oleh Pemerintah, jika dana kita tidak lebih dari 2 Milyar Rupiah. Deposito sedikit menghasilkan return yang lebih tinggi dibanding tabungan namun punya jangka waktu tertentu. Imbal hasil dari investasi dalam bentuk Tabungan dan Deposito relatif kecil bahkan kadang Bunga yang kita terima lebih kecil dari inflasi, misal tahun 2008 inflasi rupiah kita 11% sedangkan bunga tabungan rata-rata 6%, sehingga dalam 1 tahun kita kehilangan dari nilai uang kita 5%... kasian kita yang nabung ya...., kelemahan lain dari tabungan yang punya ATM, entah karena keteledoran kita atau sebab lain, beberapa nasabah yang punya ATM kehilangan uangnya via ATM.

2. Saham, Reksadana, dan derivatifnya : Investasi jenis ini menurut saya rada-rada ada unsur gamblingnya, kadang memberikan imbal hasil yang tingg, kadang juga uang kita malah habis, seperti contohnya kinerja tahun 2008 kemarin Bursa Efek Kita terjungkal 51%, artinya jika kita diawal tahun menanamkan uang pada Saham gabungan BEJ misal 100juta, maka uang kita tinggal 49juta. namun pada awal tahun Saham kembali meningkat, saya pernah cek pada produk derivatif BEJ yang di Unit-Link untuk periode 3 bulan Februari-May Tumbuh 53%.
kawan satu perusahaan saya bilang dana dia tinggal 10% dari modal awal karena berinvestasi di saham pada tahun 2008, namun begitu dia melihat kenaikan yang bagus dia menginjeksikan 10kali lipat dananya lagi dan sekarang sudah balik modal, namun jika ternyata prediksi dia kemarin meleset dia akan kehilangan modalnya lagi 10 kali lipat juga. Inilah Jenis investasi saham yang bagaikan Gelombang samudera Indonesia.

3. Tanah, Rumah : Investasi ini cenderung meningkat setiap tahun, karena memang kebutuhan akan Rumah ini meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk, sedangkan tanah tidak bertambah. Tanah yang strategis akan meningkat lebih tinggi dibandingkan tempat lain, bisa juga sebelum berinvestasi tanah bisa datang ke Dinas tata kota untuk melihat peluang suatu daerah. dari referensi yang saya peroleh Yogyakarta adalah provinsi yang harga tanahnya paling cepat tumbuhnya. rata-rata 30% pertahun.
Jenis investasi ini kurang likuid (tidak mudah diuangkan kembali), dan perlu biaya untuk memperjualbelikannya.

4. Emas : Investasi Emas saat ini dilirik banyak orang, karena sifat emas yang dari dulu hingga sekarang tetap disukai orang, dan pertumbuhan stok emas dunia sangat terbatas, beda dengan logam lain. Jika anda analisa dari data di kitco.com ataupun gold-eagle.com dalam 40 tahun terakhir pertumbuhan emas thd rupiah 30% dan terhadap US$ 11%, semakin krisis suatu negara harga emas akan semakin tinggi naiknya, semakin inflasi nilai uang suatu negara harga emas akan semakin naik di negara tsb. Investasi ini aman hanya kesulitan dalam penyimpanan, namun sekarang sudah ada safe deposit box yang bisa di sewa di bank-bank. dan emas sangat likuid, mudah kita akan meng-uangkannya

5. Menanam Pohon : Investasi ini sangat-sangat memberikan imbal hasil yang tinggi, saya mencontohkan kita menanam pohon jati, dengan harga sebatang 2000rupiah, dalam 15 tahun yang akan datang pohon ini akan menjadi sekitar 0.5kubik kayu jati, jika dengan harga sekarang saja 0.5kubik=1,5juta, pastilah 15 tahun yang akan datang harganya akan meningkat lagi karena semakin langka kayu dan inflasi nilai mata uang kita. coba hitung return pertahunnya lebih dari 150%, hanya kita perlu memeliharanya paling tidak setahun 2kali. Dan jika kita menanam pohon kita juga beramal karena turut mencegah global warming dan juga kita mendapat pahala jika ada orang ataupun binatang yang berteduh pada pohon itu...

6. Infak, Shodaqoh : Investasi ini jelas2 memberikan return tertinggi, tanya para kyai, ustadz, ulama. Allah akan melipatgandakan infak kita 700kali lipat. jika kita memberikannya dengan ikhlash. Ustadz Yusuf Mansur selalu mengajak kita sedekah, paling tidak di dunia kita akan mendapat gantinya 10 kali lipat.

Selamat Berinvestasi yang sesuai dengan pilihan anda
Wallohu 'alamu bissawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar